TKJ SMKN 1 Nglegok Meraih Juara 2 pada Olimpiade Jaringan Mikrotik APJII Tingkat Nasional 2017

Acara Olimpiade Jaringan Mikrotik – APJII 2017 (Olimpiade) ini adalah prakarsa dari Citraweb Nusa Infomedia (Citraweb), dan diselenggarakan bersama antara Citraweb Nusa Infomedia dan Asosiasi Penyelenggara Jasa Jaringan Indonesia (APJII). Acara Olimpiade ini juga termasuk salah satu acara dalam rangkaian Peringatan Hari Jadi APJII ke 20, dan MikroTik User Meeting 2017 Indonesia.

Penyelenggaraan acara ini bertujuan mengasah dan mendorong penguasaan ilmu jaringan untuk siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) di Indonesia, khususnya SMK yang memiliki jurusan Teknis Komputer dan Jaringan (TKJ). Kemampuan mengelola jaringan ini adalah salah satu ketrampilan yang dibutuhkan oleh dunia kerja, seiring dengan hampir semua jenis perusahaan bermigrasi menggunakan sistem komputerisasi dan jaringan.

APJII sebagai wadah bagi perusahaan penyelenggara telekomunikasi, menganggap acara Olimpiade ini sesuai dan sangat bermanfaat bagi anggotanya. Proses rekruitmen dan magang kerja di operator telekomunikasi bisa menjadi tindak lanjut yang sama-sama menguntungkan, baik dunia industri maupun dunia pendidikan.

Olimpiade ini terdiri dari 6 Regional, yang mana setiap regional terdiri dari 50 an SMK, sehingga total peserta yang mengikuti kegiatan ini adalah sekitar 300-an SMK se-Indonesia. kegiatan ini terdiri dari 5 Babak, 2 Babak di seleksi regional dan 3 Babak di final. adapun pembagianya sebagai berikut:

Babak 1, diikuti 50 peserta (tim terdiri dari 2 orang) dan diuji mengunakan tes tulis sebanyak 50 soal, akan diambil 9 peserta terbaik untuk masuk babak 2

Babak 2, diikuti 9 peserta yang lolos babak 1, dan dibagi menjadi 3 kelompok untuk ditandingkan secara cerdas cermat, yang berhasil lolos dari masing-masing kelompok (3 peserta) akan masuk ke final (babak 3)

Babak 3, dari 3 peserta masing-masing regional berarti 6 regional x 3 peserta = 18 peserta akan bertanding materi praktek Mikrotik, dari sini akan diambil 9 peserta

Babak 4, dari 9 peserta ditandingkan secara praktik dengan materi yang lebih kompleks dari babak 3 dan diambil 3 besar

Babak 5, merupakan babak grand final dengan sistem cerdas cermat dan dicari juara 1,2 dan 3.

materi yang diujikan pada olimpiade ini bisa dibilang sulit, karena banyak materi teori ataupun praktek pada level engineer, berikut materinya:

Materi pada seleksi regional
Materi pada babak final

kegiatan ini sudah kedua kalinya kita ikuti, pada tahun sebelumnya kita masih belum beruntung dan terhenti pada Babak 2

Hasil Olimpiade tahun 2016

alhamdulillah dari evaluasi tahun sebelumnya, maka pada tahun 2017 ini kita banyak merubah tehnik belajar dan juga materi-materi yang dipelajari, dimulai dari seleksi regional di surabaya

Hasil seleksi regional surabaya, Bali, Kalimantan

dari seleksi regional kita lanjut ke tahap final yang dilaksanakan di Yogyakarta, dimulai dari tahap 3, tahap 4

dari tahap 3, SMKN 1 Nglegok lolos ke tahap 4 dan masuk ke babak grand final
Hasil Juara olimpiade Mikrotik APJII 2017

pada olimpiade kali ini kami mengirimkan tim dengan peserta Priswanto Khoiri XII TKJ 2 (KITS-5) dan Krisna Aji Putra XI TKJ 2 (KITS-6)

Priswanto dan Krisna saat mengerjakan soal praktek

alhamdulillah dari babak 5 kami berhasil meraih juara 2 tingkat nasional.

penyerahan tropi kejuaraan olimpiade mikrotik apjii 2017 tingkat nasional

Leave a Reply

Your email address will not be published.