Konfigurasi Vlan pada Switch Cisco

vlan

Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Pada lab kali ini saya akan mencoba untuk membuat vlan pada switch cisco. Vlan ini digunakan untuk memisahkan port pada switch, jika port tersebut berada pada vlan yang berbeda maka pc yang connect ke port tersebut tidakakan bisa saling berkomunikasi dengan pc yang connect ke port dengan vlan yang berbeda, meskipunn sudah satu jaringan.

Untuk membuktikannya mari kita coba konfigurasi vlan dengan layout seperti dibawah ini :

Pada gambar diatas semua pc sudah dikonfigurasi IP dengann /24. Dibawah ini contoh ping ke setiap pc.

Setelah semua pc sudah bisa saling terhubung mari kita lanjutkan dengan konfigurasi pada switch.

Untuk memulai konfigurasi ketika anda masuk ke switch cisco anda ketikan en /enable untuk mengaktifkan setelah itu ketikan conf ter / configure terminal untuk masuk ke konfigurasi switch.

Setelah anda masuk ke konfigurasi switch kita lanjutkan dengan menambahkan vlan. Untuk menambahkannya anda lihat pada gambar diatas, untuk membuat vlan anda ketikkan vlan lalu nomer vlan yang anda inginkan misal vlan 5, vlan 10. Untuk memberikan nama anda ketikkan name nama yang ingin anda berikan ke vlan yang anda buat.

Setelah selesai membuat vlan mari kita lihat vlan yang sudah kita buat. Untuk meliat vlan yang selesai kita buat anda bisa mengetikan perintah do show vlan. pada gambar diatas terlihat bahwa

defaultnya semua port berada pada vlan 1, untuk itu kita perlu memindah port tersebut kedalam vlan yang sudah kita buat.

Untuk memasukkan port ke dalam vlan kita harus masuk ke port yang ingin dipindah vlan yang kita inginkan terlebih dahulu, untuk itu anda bisa ketikkan perintah int finterface yang anda pilih / jika lebih dari satu interface anda bisa ketiikan perintah berikut int finterface yang anda pilih,finterface yang anda pilih. Contoh int f0/1,f1/1. Selanjutnya jika sudah masukke interface maka kita lanjutkan dengan memasukkan interface tersebut kedalam vlan yang sudah kita buat. Untuk memasukkannya anda bisa ketiikan perinyah berikut switchport mode access lalu ketikkan lagi switchport access vlan nomer vlan yang ingiin anda masukkan contoh 10. Untuk contoh anda lihat pada gambar di atas.

Setelah anda masukkan setiap port ke dalam vlan yang anda buat, coba anda lihat pada table vlan dan lihat bahwa port / interface yang anda masukkan ke dalam vlan tadi akan masuk ke vlan yang anda masukkan contoh seperti gambar diatas.

Untuk membuktikan mari kita coba dengan ping dari pc0 ke setiap pc yang berbeda valn dan ping ke pc yang sesama vlan, maka nanti pc tersebut hanya akan bisa ping ke pc yang konnek keport dengan nomor vlan yang sama.

Sekian lab kali ini semoga yang sedikit ini dapat bermanfaat jika ada kurang lebihnya saya mohon maaf sekian trimakasih.

Referensi:

Leave a Reply

Your email address will not be published.